Mengenal Istilah Arsitektur Etnik : Arsitektur Etnik Pekanbaru

Mengenal Istilah Arsitektur Etnik Arsitektur Etnik Pekanbaru

Dunia arsitektur merupakan salah satu bidang yang cukup mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dunia arsitektur terus mengalami perkembangan berkat para jasa arsitek terbaik pekanbaru. Selain itu, gaya arsitektur juga terus mengalami perkembangan. Oleh sebab itu, kita sekarang juga kerap mendengar berbagai gaya arsitektur yang asing ditelinga. Mulai dari gaya arsitektur kontemporer, bohemian, revival, hingga industrial yang mungkin jarang dipakai terutama dalam membangun rumah. Selain beberapa gaya arsitektur diatas jasa arsitek terbaik pekanbaru kini juga mulai banyak mengeluarkan istilah-istilah khusus dalam dunia arsitektur, salah satunya istilah “arsitektur etnik” apa aitu arsitektur etnik ? apa ciri khasnya ? artikel berikut akan membahasnya untuk Bapak/Ibu.

Jika Bapak/Ibu tengah mencari jasa arsitek terbaik Pekanbaru untuk mewujudkan arsitektur etnik maka jasa arsitek terbaik pekanbaru Bahtera Puan Property akan mewujudkannya untuk Bapak/Ibu. Jasa arsitek terbaik Pekanbaru Bahtera Puan Property merupakan Jasa arsitek terbaik Pekanbaru yang aman, berpengalaman, dan sudah bersertifikat. Jasa arsitek kami juga menawarkan konsep “ Design by request “ yang siap mewujudkan properti terbaik sesuai selera dan kebutuhan Bapak/Ibu.

Apa Itu Arsitektur Etnik ?

Arsitektur etnik atau yang juga dikenal sebagai arsitektur etnis ataupun arsitektur lokal yang merupakan salah satu bentuk arsitektur yang memakai ketersediaan bahan material serta ketersediaan alam dari daerah asal atau tempat pembangunan properti . Sehingga bahan bangunan berbeda-beda dari satu daerah lainnya.

Arsitektur etnik ini juga merupakan gaya arsitektur yang dikenal menyajikan gaya arsitektur etnik yang mengadopsi kebudayaan dan kebiasaan lokal Indonesia hal ini dapat kita lihat pada tren gaya Jawa maupun gaya lokal lainnya, contohnya pda rumah panggung dari Kalimantan dan lain-lain. 

 

Baca Juga : Rekomendasi Gaya Arsitektur Masjid Di Pekanbaru 

 

Ciri Khas Arsitektur Etnik

Arsitektur etnik yang dikenal sebagai arsitektur lokal tentunya mempunyai banyak ciri khas yang berbeda-beda dari tiap daerah. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak suku bangsa. Sehingga kebiasaan dan tradisi masing-masing daerah akan berbeda. Berikut beberapa ciri khas arsitektur etnik :

  1. Material Lokal

Arsitektur etnik sesuai Namanya tentunya menggunakan bahan bangunan yang tersedia di lingkungan sekitarnya. Misalnya, penggunaan kayu, bambu, batu, atau tanah liat yang mudah ditemukan di daerah tertentu. Bahan-bahan ini tidak hanya menciptakan estetika yang unik, tetapi juga beradaptasi dengan iklim dan kondisi geografis setempat.

  1. Ornamen Khas Daerah

Arsitektur etnik sering kali memiliki ornamen dan motif khas yang mencerminkan tradisi dan identitas budaya. Misalnya, ukiran kayu yang rumit, mozaik keramik, kaligrafi, hiasan geometris, atau pola yang berhubungan dengan simbol-simbol agama atau mitologi setempat.

  1. Integrasi Dengan Lingkungan

Arsitektur etnik mengintegrasikan bangunan dengan alam dan lingkungan sekitarnya. Misalnya, penggunaan taman dalam (patio) didalam bangunan, penggunaan ventilasi alami, atau penempatan bangunan yang mengikuti kontur tanah dan aliran alami.

  1. Bentuk Dan Struktur Bangunan

Arsitektur etnik sering kali memiliki bentuk dan struktur bangunan yang unik. Contohnya adalah rumah panggung di Indonesia, yurta di Mongolia, atau bangunan berbentuk kubah di Timur Tengah. Bentuk dan struktur ini sering kali disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan tempat tinggal.

  1. Simbolisme Dan Spiritualitas

Arsitektur etnik sering kali mencerminkan simbolisme dan spiritualitas budaya setempat. Bangunan dapat dirancang untuk menciptakan ruang suci atau untuk memfasilitasi ritual dan peribadatan. Penggunaan simbol-simbol agama atau spiritual seperti kubah, menara, atau patung juga sering ditemukan dalam arsitektur etnik.

 

Itu tadi beberapa ciri khas yang ada pada arsitektur etnik. Arsitektur etnik tentunya akan lebih banyak dipakai dan disukai masyarakat karna desainnya yang sudah menyesuaikan keinginan masyarakat sekitar. Jika Bapak/Ibu tengah mencari jasa arsitek terbaik Pekanbaru. Maka Bahtera Puan Property merupakan pilihan yang tepat untuk mewujudkan properti pilihan Bapak/Ibu. Segera hubungi kontak kami dan wujudkan properti impian Bersama Bahtera Puan Property.

 

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan