Rekomendasi Gaya Arsitektur Masjid Di Pekanbaru

Rekomendasi Gaya Arsitektur Masjid Di Pekanbaru

Kekayaan warisan religious di Provinsi Riau tidak ada habisnya. Provinsi yang juga dikenal sebagai provinsi yang mayoritas diisi oleh para suku melayu ini membuat mesjid menjadi salah satu bangunan yang banyak ditemui. Mesjid-mesjid di Provinsi Riau khususnya di kota Pekanbaru dibangun oleh para jasa arsitek terbaik Pekanbaru yang mengkonsepkan bangunan penuh dengan ciri khasnya masing-masing. Beberapa gaya arsitektur masjid di kemas mengikuti gaya timur tengah dan beberapa juga bercorak kerajaan islam lama. Untuk ibadah yang lebih nyaman gaya arsitektur masjid juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan oleh para jasa arsitek terbaik Pekanbaru.

Bagi Bapak/Ibu yang tengah ingin ikut serta dalam pembangunan mesjid atau ingin membangun mesjid sendiri dan masih  bingung mencari jasa arsitek terbaik Pekanbaru maka Bahtera Puan Property adalah pilihan yang tepat. Agent properti kami merupakan jasa arsitek terbaik Pekanbaru yang siap membantu membangun mesjid dengan gaya arsitektur terbaik dan tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi yang ingin beribadah. Jasa arsitek terbaik Pekanbaru kami juga berpengalaman, aman, dan telah bersertifikat. Jika Bapak/Ibu masih bingung dalam mencari gaya arsitektur mesjid di Pekanbaru berikut rekomendasinya :

Rekomendasi Gaya Arsitektur Masjid Di Pekanbaru

Dalam membangun sebuah masjid tentunya aspek seperti kualitas material, konsep gedung, interior, dan kenyamanan adalah hal utama yang harus difikirkan. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan orang banyak dan akan menjadi ladang pahala bagi para pembangunnya. Namun, Ada kalanya orang masih bimbang dalam memilih gaya arsitektur masjid di Pekanbaru. Berikut rekomendasinya :

  1. Arsitektur Arab

Gaya arsitektur Arab merupakan gaya yang paling banyak dipakai dalam arsitektur masjid. Ciri khas umum dalam arsitektur ini berupa kubah dan menara yang elegan, dinding-dinding berornamen, dan penggunaan aksen kaligrafi Arab. Contoh terkenal dari arsitektur Arab adalah Masjid Nabawi di Madinah .

  1. Arsitektur Ottoman

Gaya arsitektur Ottoman muncul pada Kesultanan Utsmaniyah di Turki pada abad ke-14. Gaya ini mencakup kubah besar, menara lonceng yang disebut “menara adzan” atau “menara masjid,” serta penggunaan keramik dan kaligrafi yang rumit. Contoh terkenal dari arsitektur Ottoman adalah Masjid Biru dan Hagia Sophia di Istanbul.

  1. Arsitektur Mughal

Mendengar Namanya saja kita pasti sudah tau berasal darimana arsitektur yang satu ini. Yaitu India . Gaya arsitektur ini sudah berkembang dan dikembangkan pada abad ke-16 dan ke-17. Ciri khasnya menggunakan kubah besar, gerbang monumental, aksen ornamen kaligrafi, dan penggunaan marmer yang indah. Contoh terkenal dari arsitektur Mughal adalah Mesjid Jama di Delhi dan Taj Mahal.

  1. Arsitektur Moorish

Pada umumnya orang menyebut gaya arsitektur ini sebagai gaya Andalusia yang berasal dari era Muslim di Spanyol pada abad ke-8 hingga ke-15. Ciri khasnya adalah penggunaan geometri yang rumit, dinding-dinding putih, kolom-kolom lengkung, dan taman dalam (patio) yang indah. Contoh terkenal dari arsitektur Moorish adalah Masjid Alhambra di Granada dan Masjid Cordoba.

  1. Arsitektur Modern

Jika kebanyakan masjid memakai gaya diatas. Sekarang sudah banyak mesjid yang memakai konsep arsitektur modern dan menyesuaikan dengan konsep budaya setempat, seperti struktur bangunan yang inovatif, penggunaan kaca dan beton, serta pendekatan desain yang minimalis. Contoh-contoh arsitektur modern masjid dapat ditemukan diberbagai tempat di dunia.

 

Baca Juga : Mengenal Arsitektur American Klasik Pilihan Public Figure Dunia

 

Beberapa rekomendasi gaya arsitektur diatas tentunya Kembali mengikuti kebiasaan dan selera masyarakat setempat. Gaya apapun yang dipilih tentunya tidak boleh menyimpang dari syariat islam dan harus dibangun sesuai dengan kebutuhan ummat. Jika Bapak/Ibu ingin membangun sebuah masjid dan masih bingung mencari jasa arsitek terbaik Pekanbaru maka Bahtera Puan Property merupakan pilihan yang tepat. Segera hubungi kontak kami dan wujudkan mesjid impian Bersama kami.

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan