Mengenal BPHTB Saat Membeli Rumah

Mengenal BPHTB Saat Membeli Rumah

Dalam melakukan jual beli rumah Pekanbaru, Anda tidak hanya melakukan survey tentang lokasi dan fasilitas rumah yang akan dibeli. Administrasi dan legalitas rumah merupakan hal yang turut harus diperhatikan. Jual beli rumah Pekanbaru merupakan kegiatan yang tepat dalam bisnis investasi. Membeli properti dikota ini bukan hanya menguntungkan bagi Anda sebagai hunian, namun juga sebagai investasi properti di Pekanbaru. Untuk itu, Anda harus melihat legalitas rumah untuk meminimalisir resiko hukum yang mungkin saja terjadi. Salah satu hal yang harus Anda lihat adalah surat menyurat. Beberapa surat menyurat yang penting unuk diperhatikan adalah BPHTB rumah. Lantas apa itu BPHTB dan apa fungsinya? artikel berikut akan membahasnya untuk Anda.

Jika Anda tengah melakukan jual beli rumah Pekanbaru, maka meminta bantuan agent properti agar proses jual beli rumah berjalan cepat dan lancar adalah hal yang tepat. Dengan agent properti yang berpengalaman jual beli rumah Pekanbaru Anda tentunya akan lebih cepat dan berlegalitas jelas. Oleh sebab itu, Agent properti Bahtera Puan Property merupakan agent yang tepat yang dapat membantu Anda dalam proses jual beli rumah Pekanbaru terbaik.

Mengenal BPHTB Saat Membeli Rumah

BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) BPHTB atau Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan adalah pajak yang dikenakan atas peralihan hak kepemilikan atas tanah dan atau bangunan dari penjual ke pembeli. Pajak ini wajib dibayarkan pada saat proses jual beli atau peralihan hak atas tanah dan bangunan dilakukan.

Beberapa poin penting tentang BPHTB:

  • Tujuan BPHTB

Bertujuan untuk mengenakan pajak atas peralihan hak atas tanah dan/atau bangunan sebagai sumber penerimaan bagi pemerintah daerah.

  • Besaran Pajak

Besaran BPHTB dihitung berdasarkan nilai transaksi atau nilai pasar dari tanah dan atau bangunan yang mengalami peralihan hak kepemilikan. Besaran tarif pajak BPHTB ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.

  • Penanggung Jawab Pembayaran

Pembayaran BPHTB menjadi tanggung jawab pembeli tanah bangunan, bukan penjual.

  • Cara Pembayaran

Pembayaran BPHTB harus dilakukan sebelum proses peralihan hak atas tanah dan bangunan dilakukan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat.

Fungsi BPHTB

Salah satu fungsi utama BPHTB adalah sebagai sumber pendapatan bagi pemerintah daerah. Setiap kali terjadi transaksi peralihan hak atas tanah atau bangunan, pihak pembeli harus membayar BPHTB sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pendapatan yang diperoleh dari BPHTB ini kemudian akan digunakan untuk membiayai berbagai program pembangunan dan pelayanan publik didaerah tersebut sementara itu BPHTB berfungsi sebagai :

  1. Pengendalian Peredaran Tanah Dan Bangunan

Dengan menerapkan BPHTB, pemerintah daerah dapat mengendalikan peredaran tanah dan bangunan di wilayahnya. Pajak ini dapat menjadi faktor pertimbangan bagi calon pembeli sebelum melakukan transaksi, sehingga dapat mengurangi spekulasi dan pembelian tanah serta bangunan dengan tujuan sekadar investasi.

  1. Pemantauan Transaksi Properti

Melalui pelaksanaan BPHTB, pemerintah dapat memantau transaksi properti yang terjadi di wilayahnya. Informasi ini menjadi penting untuk mengidentifikasi tren pasar properti, menilai stabilitas ekonomi, dan mengambil langkah-langkah kebijakan yang tepat dalam sektor properti.

  1. Pengarusutamaan Pendapatan Dari Transaksi Properti

BPHTB membantu pemerintah dalam mendorong pengarusutamaan pendapatan dari sektor properti. Dengan adanya pajak ini, pemasukan dari transaksi peralihan hak atas tanah dan bangunan dapat diarahkan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan sektor publik lainnya.

  1. Peningkatan Keadilan Dan Efisiensi

BPHTB dapat mempengaruhi keadilan dan efisiensi di pasar properti. Pajak ini dapat mengurangi ketimpangan sosial dan ekonomi karena mengenakan pajak proporsional berdasarkan nilai transaksi. Selain itu, BPHTB juga dapat mendorong efisiensi alokasi sumber daya dengan membatasi spekulasi dan investasi tanah dan bangunan yang tidak produktif.

  1. Pengaturan Penggunaan Tanah Dan Bangunan

Dengan adanya BPHTB, pemerintah dapat mengatur penggunaan tanah dan bangunan untuk memastikan bahwa aset properti digunakan secara efisien dan sesuai dengan rencana tata ruang yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Sekilas Tentang Rumah Subsidi

Beberapa fungsi BPHTB diatas tentunya dapat menjadi gambaran bahwa BPHTB sangat penting untuk dipunya dan diperhatikan dalam jual beli rumah Pekanbaru. Jika Anda tengah mencari perumahan yang ekslusif di Pekanbaru maka Bahtera Puan Property merupakan pilihan yang tepat. Segera hubungi kontak kami dan miliki hunian selanjutnya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *