Anak Muda Wajib Tau! Segini Gaji Bulanan Agar Bisa KPR

Anak Muda Wajib Tau! Segini Gaji Bulanan Agar Bisa KPR

Membeli sebuah rumah tentunya adalah impian setiap orang, dengan mempunyai rumah sendiri Anda akan terlihat lebih matang secara finansial dan juga mental, Oleh sebab itu jual beli rumah Pekanbaru sejatinya akan lebih efektif jika Anda mampu mengevaluasi dan mencari informasi mengenai jual beli rumah Pekanbaru yang menawarkan fasilitas serta harga yang sesuai dengan budget Anda. Membeli rumah tidak harus selalu menggunakan pembiayaan secara tunai atau cash, alternatif lain seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah salah satu metode yang dapat Anda pakai dalam melakukan jual beli rumah Pekanbaru. Namun, Berapa minimal Gaji yang harus kita punya agar bisa KPR ? Artikel berikut akan membahasnya untuk Anda.

Bagi Anda yang tengah melakukan jual beli rumah Pekanbaru namun belum menemukan rumah yang cocok, Anda dapat menghubungi Bahtera Puan Property, Agent Properti kami merupakan agent yang berpengalaman dan sudah memiliki banyak listing perumahan di Pekanbaru. Kami akan membantu Anda menemukan rumah impian dengan berbagai lokasi strategis dan berbagai jenis type yang tersebar diberbagai wilayah di Pekanbaru.

Gaji Bulanan Yang Harus Anda Punya Untuk KPR

Bagi Anda yang tengah melakukan jual beli rumah Pekanbaru atau baru berencana untuk mengajukan KPR, Maka Gaji bulanan yang harus Anda miliki untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan sangat tergantung pada beberapa faktor yakni :

  • Jumlah pinjaman yang Anda butuhkan,
  • Suku bunga KPR
  • Jangka waktu KPR
  • Persyaratan dari Bank atau lembaga keuangan yang Anda ajukan.

Secara umum, Bank akan melihat rasio utang Anda terhadap penghasilan Anda (debt-to-income ratio atau DTI) untuk menilai kemampuan Anda membayar KPR. DTI adalah perbandingan antara total hutang bulanan Anda (termasuk cicilan KPR yang diajukan) dengan pendapatan bulanan Anda. Bank biasanya membatasi DTI Anda agar tidak melebihi 30-40% dari pendapatan bulanan Anda.

Sebagai contoh, jika pendapatan bulanan Anda sebesar Rp 10 juta, maka Bank mungkin akan mengizinkan DTI sekitar 30-40%, atau sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per bulan untuk total pembayaran hutang Anda, termasuk cicilan KPR. Sebelum mengajukan KPR, sangat penting untuk berbicara dengan Bank atau lembaga keuangan yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan melakukan perhitungan yang tepat sesuai dengan situasi keuangan/gaji Anda.

Faktor-Faktor Yang Menentukan Nominal KPR

Bagi Anda yang hendak mengajukan KPR, Beberapa faktor berikut akan mempengaruhi nominal gaji dan KPR yang akan Anda dapatkan sesuai dengan perhitungan Bank :

  • Harga Properti

Ini adalah harga rumah yang ingin Anda beli. Semakin mahal rumahnya, semakin besar pinjaman yang Anda butuhkan.

  • Persentase Uang Muka

Biasanya, Anda perlu membayar uang muka sebelum mendapatkan KPR. Jumlah uang muka ini biasanya berkisar antara 10-30% dari harga properti. Semakin besar uang muka yang Anda bayarkan, semakin kecil pinjaman KPR yang Anda butuhkan.

  • Suku Bunga

Suku bunga KPR akan memengaruhi besar cicilan bulanan Anda. Semakin tinggi suku bunganya, semakin besar cicilan bulanannya.

  • Jangka Waktu KPR

Jangka waktu KPR juga akan memengaruhi besarnya cicilan bulanan Anda. Jangka waktu yang lebih panjang akan menghasilkan cicilan bulanan yang lebih kecil, tetapi Anda akan membayar bunga lebih banyak dalam jangka panjang.

  • Pendapatan Anda

Bank atau lembaga keuangan akan mempertimbangkan pendapatan Anda untuk menentukan seberapa besar pinjaman KPR yang dapat Anda terima. Seperti yang disebutkan sebelumnya, rasio utang terhadap pendapatan (DTI) biasanya tidak boleh melebihi 30-40% dari pendapatan bulanan Anda.

  • Kewajiban Keuangan Lainnya

Bank juga akan mempertimbangkan hutang-hutang lain yang Anda miliki, seperti pinjaman mobil, kartu kredit, atau pinjaman pribadi, dalam menghitung kemampuan Anda membayar cicilan KPR.

  • Biaya Lainnya

Selain cicilan KPR, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya-biaya lain yang terkait dengan kepemilikan rumah, seperti pajak properti, biaya asuransi, biaya pemeliharaan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu IPO? Potensi Keuntungan Investasi Anda

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, jumlah nominal gaji yang diperlukan untuk mengajukan KPR dapat bervariasi secara signifikan. Untuk mendapatkan perkiraan yang lebih akurat, Anda sebaiknya berbicara dengan Bank atau lembaga keuangan yang Anda pilih dan menggunakan kalkulator KPR S yang mereka sediakan atau berkonsultasi dengan seorang ahli keuangan. Anda juga dapat menghitung secara manual menggunakan Karl’s Mortgage Calculator yang tersedia di PlayStore. Bagi Anda yang tengah melakukan jual beli rumah Pekanbaru pastikan untuk menghubungi kontak kami untuk efesiensi jual beli Anda segera!

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan