Jangan Salah Ini Perbedaan Apartement Dan Kondominium Yang Harus Anda Tau!

Jangan Salah Ini Perbedaan Apartement Dan Kondominium Yang Harus Anda Tau!

Dalam menentukan hunian terbaik, Anda tentunya akan dihadapkan beberapa pilihan. Terutama dikawasan perkotaan. Saat ini banyak orang yang bingung antara memilih membeli rumah atau apartement sebagai hunian. Agent properti biasanya juga menawarkan beberapa katalog hunian yang dapat menjadi pilihan Anda bersama keluarga untuk dijadikan rekomendasi. Saat ini Anda bukan hanya dapat memilih antara Apartement saja namun orang juga mulai memilih kondominium sebagai hunian tempat tinggal. Namun, masih banyak orang yang masih menyamakan antara Apartement dan Kondominium. Apartement dan Kondominium sejatinya adalah dua unti properti yang berbeda. Bagi Anda yang belum tau apa perbedaan keduanya, artikel berikut akan membahasnya untuk Anda.

Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan properti terbaik, Anda dapat menghubungi agent properti yang dapat membantu proses pencarian properti Anda. Agent properti dapat membantu Anda mencari lokasi terbaik bagi hunian. Jika Anda tengah mencari agent properti di Pekanbaru. Anda dapat menghubungi Agent properti Bahtera Puan Property. Segera hubungi agent properti Bahtera Puan Property untuk hunian terbaik Anda.

Perbedaan Apartement Dan Kondominium

Bagi Anda yang tengah bingung mengetahui apa perbedaan antara Apartement dan Kondominium keduanya mungkin sekilas tampak sama. Namun keduanya adalah dua unit yang berbeda. Apartemen dan kondominium (sering disingkat condo) adalah dua jenis properti perumahan yang seringkali disalahpahami karena memiliki kesamaan dalam beberapa aspek, tetapi mereka juga memiliki perbedaan utama. Berikut adalah perbedaan antara apartemen dan kondominium:

  1. Status Kepemilikan
  • Apartemen

Biasanya, apartemen adalah unit-unit perumahan dalam gedung yang dimiliki oleh satu entitas, seperti pengembang atau perusahaan investasi. Penghuni apartemen membayar sewa atau membayar biaya bulanan untuk tinggal di sana.

  • Kondominium

Kondominium adalah unit-unit perumahan dalam gedung yang masing-masing dimiliki oleh individu atau entitas yang berbeda. Pemilik kondominium memiliki tanda kepemilikan yang disebut “sertifikat kepemilikan” dan mereka bertanggung jawab atas perawatan dan pemeliharaan unit mereka sendiri.

  1. Kepemilikan
  • Apartemen

Penghuni apartemen biasanya tidak memiliki unit tempat tinggal mereka. Mereka adalah penyewa dan memiliki hak tinggal di unit tersebut, tetapi mereka tidak memiliki hak kepemilikan atas unit tersebut.

  • Kondominium

Pemilik kondominium adalah pemilik sah dari unit tempat tinggal mereka. Mereka memiliki hak kepemilikan atas unit tersebut dan dapat menjual, menyewakan, atau menggantikan unit sesuai keinginan mereka.

  1. Biaya Pemeliharaan
  • Apartemen

Biaya pemeliharaan dan perbaikan gedung umumnya ditanggung oleh pemilik apartemen atau pengembang. Penghuni apartemen membayar biaya sewa bulanan tetap.

  • Kondominium

Pemilik kondominium bertanggung jawab atas biaya pemeliharaan dan perbaikan unit mereka sendiri serta pembayaran biaya kondominium bulanan untuk pemeliharaan area umum seperti tangga, lift, dan fasilitas lainnya.

  1. Pengaturan Hukum
  • Apartemen

Penyewaan apartemen biasanya diatur oleh perjanjian sewa antara pemilik gedung dan penghuni. Aturan dan regulasi internal gedung mungkin juga berlaku.

  • Kondominium

Pemilik kondominium diatur oleh perjanjian pemilik bersama yang mencakup aturan dan regulasi yang mengatur penggunaan, pemeliharaan, dan administrasi kondominium.

  1. Fleksibilitas
  • Apartemen

Tingkat fleksibilitas kepemilikan dan penggunaan apartemen biasanya lebih rendah daripada kondominium karena pemiliknya adalah entitas tunggal (pengembang atau perusahaan).

  • Kondominium

Pemilik kondominium memiliki lebih banyak kendali atas unit mereka dan lebih banyak fleksibilitas dalam penggunaan, renovasi, dan penjualan unit tersebut.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan KPR Dan KPA

Itu tadi perbedaan antara apartement dan kondominium yang harus Anda ketahui. Kedua properti ini tentunya sama-sama mempunyai nilai aset tersendiri dan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan untuk berkonsultasi dengan agent properti atau real esteate Anda sebelum memilih unit mana yang akan Anda pilih.

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan