Mengenal Perbedaan Perumahan Cluster Dan Residen

Mengenal Perbedaan Perumahan Cluster Dan Residen

Dalam memilih hunian maupun untuk bisnis dalam jual beli rumah Pekanbaru, Anda tentunya memerlukan beberapa evaluasi sebelum menemukan rumah yang cocok dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Dalam jual beli rumah Pekanbaru Anda akan dihadapkan banyak pilihan mulai dari perumahan kelas menengah hingga tinggi. Beberapa type perumahana mulai dari rumah mewah, rumah minimalist pun dapat menjadi pilihan Anda. Sebagai salah satu kota dengan tingkat populasi penduduk yang tinggi Pekanbaru selalu membutuhkan perumahan untuk hunian atau sekedar investasi properti di Pekanbaru. Jual beli rumah Pekanbaru yang saat ini banyak menjadi pilihan yang ditawarkan adalah perumahan cluster dan juga perumahan residen. Namun, belum banyak yang mengetahui apa perbedaan dari kedua perumahan ini, Bagi Anda yang belum paham apa perbedaan perumahan cluster dan residen artikel berikut akan membahasnya untuk Anda.

Jika Anda tengah melakukan jual beli rumah Pekanbaru, dan membutuhkan referensi dan evaluasi mengenai perumahan impian Anda. Anda dapat menghubungi Agent properti Bahtera Puan Property. Agent kami merupakan agent yang aman, terpercaya, dan juga sudah berpengalaman dalam menangani berbagai listing di Pekanbaru. Kami juga menawarkan konsep design by request untuk hunian terbaik Anda. Segera hubungi kontak kami untuk penawaran dan pelayanan terbaik lainnya.

Mengenal Perbedaan Perumahan Cluster Dan Residen

Dalam menentukan rumah mana yang ingin dipilih Anda tentunya harus melakukan riset mengenai rumah, lokasi, dan juga fasilitas yang dimiliki perumahan. Saat ini perumahan di Pekanbaru sendiri mempunyai banyak pilihan Beberapa diantaranya adalah perumahan cluster dan perumahan residen. Perumahan cluster dan perumahan residensial adalah dua jenis pengembangan perumahan yang memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:

  1. Tipe Pengembangan
  • Perumahan Cluster

Perumahan cluster adalah pengembangan perumahan yang terdiri dari sekelompok rumah yang biasanya dibangun berdekatan satu sama lain dan seringkali dikelilingi oleh pagar atau tembok pembatas. Setiap kelompok rumah ini sering memiliki akses yang terbatas atau pintu gerbang masuk bersama.

  • Perumahan Residen

Perumahan residensial adalah kawasan perumahan yang lebih luas yang mungkin terdiri dari berbagai jenis properti, seperti rumah tunggal, rumah semi-terpisah, rumah baris, apartemen, dan fasilitas komersial atau umum. Perumahan residensial cenderung lebih besar dan lebih beragam dalam tipe properti yang ditawarkan.

  1. Ukuran Tanah
  • Perumahan Cluster

Biasanya memiliki lahan yang lebih kecil, karena rumah-rumahnya biasanya sangat dekat satu sama lain.

  • Perumahan Residen

Cenderung memiliki lahan yang lebih luas, sehingga properti-properti di dalamnya memiliki lebih banyak ruang terbuka disekitarnya.

3.Fasilitas Bersama

  • Perumahan Cluster

Mungkin memiliki fasilitas bersama yang lebih terfokus pada penghuni cluster, seperti taman kecil atau area bermain didalam cluster tersebut.

  • Perumahan Residen

Lebih mungkin memiliki fasilitas bersama yang lebih besar, seperti kolam renang komunitas, lapangan olahraga, pusat kebugaran, atau klub rumah.

  1. Keamanan
  • Perumahan Cluster

Biasanya memiliki sistem keamanan yang lebih ketat, seperti penjaga keamanan atau kamera pengawas di pintu gerbang masuk cluster.

  • Perumahan Residen

Keamanan bisa bervariasi, tergantung pada masing-masing komunitas, tetapi mungkin tidak seketat di perumahan cluster.

5.Tipe Pemilik

  • Perumahan Cluster

 Lebih sering ditempati oleh keluarga atau individu yang mencari privasi dan keamanan tambahan.

  • Perumahan Residen

Dapat ditempati oleh berbagai tipe pemilik, termasuk keluarga, individu, atau pasangan yang mencari beragam jenis properti dan fasilitas komunitas.

6.Harga Properti

  • Perumahan Cluster

Harga properti di perumahan cluster cenderung lebih tinggi karena privasi dan keamanan tambahan yang ditawarkan.

  • Perumahan Residen

Harga properti di perumahan residensial bisa bervariasi tergantung pada lokasi, tipe properti, dan fasilitas yang tersedia.

Baca Juga : Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Untuk Mencegah Sangketa Tanah

Pilihan antara perumahan cluster dan perumahan residensial akan tergantung pada preferensi pribadi, anggaran, dan kebutuhan. Beberapa orang mungkin lebih suka privasi dan keamanan tambahan yang ditawarkan oleh perumahan cluster, sementara yang lain mungkin mencari variasi dan fasilitas komunitas yang lebih besar yang ditemukan di perumahan residensial. Jika Anda tengah melakukan jual beli rumah Pekanbaru pastikan untuk menghubungi kontak kami untuk efesiensi jual beli Anda.

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan