KPR BTN, Syarat Dan Cara Pengajuannya

KPR BTN, Syarat Dan Cara Pengajuannya

Dalam jual beli rumah Pekanbaru. Anda tentunya akan mencari perumahan terbaik yang memilki banyak hal yang harus ada dalam setiap komponen perumahan. Mulai dari pemilihan lokasi rumah, fasilitas, hingga tingkat keamanan. Dalam jual beli rumah Pekanbaru Anda juga akan dihadapkan oleh banyaknya pilihan ketika membeli rumah mulai dari transaksi secara tunai maupun KPR. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan salah satu cara pembelian rumah yang banyak dipilih dalam jual beli rumah Pekanbaru. Hal ini akan mempermudah Anda ketika belum mempunyai budget yang cukup ketika hendak membeli rumah. Ketika memilih membeli rumah dengan cara KPR, Anda tentunya akan memilih Bank mana yang akan dipilih. Salah satu Bank yang banyak dipilih Masyarakat dalam mengajukan KPR adalah Bank Tabungan Negara (BTN). Lantas bagaimana cara pengajuan KPR BTN dan apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi ? Artikel berikut akan membahasnya untuk Anda.

Jika Anda tengah melakukan jual beli rumah Pekanbaru dengan syarat KPR Anda dapat mencari agent properti yang menyediakan perumahan KPR. Agent properti akan membantu Anda mendapatkan hunian terbaik dengan berbagai pelayanan dan penawaran yang ditawarkan kepada Anda. Jika Anda tengah mencari agent properti untuk jual beli rumah Pekanbaru terbaik maka Bahtera Puan Property merupakan pilihan yang tepat. Segera hubungi kontak kami dan wujudkan rumah Impian.

Syarat-Syarat Pengajuan KPR Ke BTN

Dalam membeli rumah pembayaran melalui KPR dapat menjadi pilihan. Kebanyakan orang tentunya juga banyak menggunakan BTN sebagai pilihan dalam mengajukan KPR. Adapun syarat-syarat yang harus Anda siapkan sebelum mengajukan KPR ke BTN adalah sebagai berikut :

  1. Usia

Umumnya, usia minimal untuk mengajukan KPR adalah 21 tahun dan maksimal 55-60 tahun saat masa cicilan berakhir. Namun, hal ini dapat bervariasi tergantung pada kebijakan bank.

  1. Penghasilan

Calon peminjam biasanya harus memiliki penghasilan tetap atau usaha yang stabil agar dapat membayar cicilan KPR. Bank akan mengevaluasi kemampuan calon peminjam dalam membayar cicilan berdasarkan rasio penghasilan terhadap cicilan.

  1. Dokumen Identitas

Dokumen identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor diperlukan untuk verifikasi identitas.

  1. Dokumen Pendukung Keuangan

Bank mungkin meminta dokumen-dokumen yang membuktikan penghasilan, seperti slip gaji, surat keterangan penghasilan, atau laporan keuangan jika Anda memiliki usaha sendiri.

  1. Surat Izin Tempat Tinggal (SITU) atau Surat Keterangan Domisili

Dokumen ini membuktikan bahwa rumah yang akan dibeli atau dibiayai dengan KPR akan digunakan sebagai tempat tinggal.

  1. Surat Keterangan Tidak Pailit

Calon peminjam biasanya harus memberikan bukti bahwa mereka tidak dalam kondisi pailit atau memiliki masalah keuangan serius lainnya.

  1. Uang Muka (Down Payment)

Bank BTN akan meminta uang muka sebagai persentase dari total harga properti. Besarannya bervariasi, tetapi umumnya berkisar antara 10-30% dari harga rumah.

  1. Asuransi

Bank mungkin mengharuskan Anda untuk mengambil asuransi KPR yang melindungi pihak bank dalam kasus default pembayaran.

  1. Agunan

Properti yang akan dibeli melalui KPR akan dijadikan agunan, artinya jika Anda gagal membayar cicilan, bank memiliki hak atas properti tersebut.

  1. Skor Kredit

Beberapa bank dapat memeriksa skor kredit Anda untuk menilai sejarah kredit Anda dan risiko dalam memberikan pinjaman.

  1. Dokumen Lain

Beberapa dokumen lain seperti Surat Nikah (jika berlaku), surat perjanjian jual beli (untuk properti baru atau bekas), dan dokumen lain yang diminta oleh bank.

Cara Pengajuan KPR BTN

Setelah memenuhi persyaratan diatas. Anda dapat mengajukan KPR dengan mengikuti beberapa Langkah berikut :

  • Persiapan Dokumen

Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, slip gaji, rekening koran, dokumen kepemilikan properti, dan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan persyaratan bank.

  • Pilih Properti

Tentukan properti yang ingin Anda beli atau yang akan dijadikan jaminan. Pastikan properti ini memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Bank BTN.

  • Perhitungan Kemampuan Finansial

Hitung secara realistis kemampuan finansial Anda, termasuk uang muka yang dapat Anda bayarkan dan besarnya cicilan bulanan yang dapat Anda tanggung.

  • Kunjungi Cabang BTN

Kunjungi cabang Bank BTN terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai KPR dan mengajukan permohonan. Anda dapat berkonsultasi dengan petugas bank mengenai detail proses pengajuan.

  • Isi Aplikasi KPR

Isi formulir aplikasi KPR yang disediakan oleh bank. Biasanya, petugas bank akan membantu Anda mengisi formulir ini dan memberikan arahan.

  • Pengajuan Dokumen

Serahkan dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan Bank. Anda juga harus memastikan dokumen yang Anda punya sudah sah dan berlegalitas.

  • Evaluasi Kredit

Bank akan melakukan evaluasi kredit untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk KPR. Ini melibatkan pemeriksaan terhadap riwayat kredit, kemampuan membayar, dan dokumen pendukung lainnya.

  • Penilaian Properti

Jika properti yang Anda pilih belum dinilai, bank mungkin akan melakukan penilaian untuk menentukan nilai yang dijadikan dasar untuk pemberian kredit.

  • Persetujuan dan Penandatanganan Akad

Jika permohonan Anda disetujui, Anda akan mendapatkan persetujuan dari bank dan mendapatkan akad KPR yang harus ditandatangani.

  • Pembayaran Uang Muka

Bayar uang muka sesuai dengan persyaratan Bank. Biasanya, ini dilakukan setelah akad KPR ditandatangani.

  • Pengeluaran Dana KPR

Setelah proses administrasi selesai dan uang muka dibayarkan, bank akan mengeluarkan dana KPR yang akan digunakan untuk pembelian properti.

  • Mulai Membayar Cicilan

Setelah dana KPR dikeluarkan, Anda akan mulai membayar cicilan sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan.

  • Monitoring dan Pembayaran

Lanjutkan untuk memantau dan membayar cicilan KPR sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Mengenal Invoice Penjualan Dalam Jual Beli Rumah Pekanbaru

Syarat dan cara pengajuan KPR diatas dapat Anda jadikan pedoman ketika mengajukan KPR. Hal ini mungkin juga tidak jauh berbeda dari Bank lain. Jangan lupa untuk melakukan research terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih perumahan dan juga KPR yang akan Anda ambil.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *