Mengenal Profesi Pemborong Bangunan

Mengenal Profesi Pemborong Bangunan

Pekerjaan dalam bidang kontruksi dan Real estate memang memilki istilah dan pekerjaan yang berbeda-beda. Semua tergantung bidang apa yang dikerjakan masing-masing pihak. Ada yang Namanya Arsitek. Designer interior, dan lain-lain. Namun, ada profesi penting dari itu semua yaitu pemborong bangunan. Istilah ini mungkin sudah sering Bapak/Ibu dengar. Tapi sudahkah Bapak/ibu tau apa itu profesi pemborong bangunan ?

Istilah pemborong bangunan pada dasarnya adalah penyedia jasa konstruksi yang bertanggung jawab untuk melakukan perencanaan, mengkoordinasikan pemanggilan tenaga kerja, memberikan rincian harga yang terperinci, melakukan supervisi serta menilai pekerjaan yang sudah dilakukan. Pemborong bangunan membantu klien dalam membangun suatu bangunan dengan cara yang aman, efisien dan efektif. Oleh karena itu, menjalin hubungan yang baik dengan pemborong bangunan bisa membawa dampak positif dalam proses pembangunan atau renovasi bangunan tersebut.

Apa Itu Pemborong Bangunan ?

Pemborong bangunan merupakan salah satu profesi yang berhubungan dengan kontruksi dan merupakan salah satu jenis penyedia jasa konstruksi yang bertanggung jawab atas pekerjaan pembangunan atau renovasi dalam skala kecil hingga menengah, seperti pembangunan rumah, ruko, dan gedung bertingkat rendah. Seorang pemborong bangunan tentunya mempunyai fungsi-fungsi tertentu.  Adapun fungsi-fungsi pemborong bangunan adalah sebagai berikut :

[ngg src=”galleries” ids=”2″ display=”basic_imagebrowser”]Baca Juga : Mengenal Jasa Kontraktor : Jasa Kontraktor Rumah Pekanbaru Terbaik

 

Fungsi-Fungsi Pemborong Bangunan

  1. Merencanakan Pekerjaan Konstruksi Bangunan Atau Renovasi

Sebelum melakukan konstruksi, pemborong bangunan terlebih dahulu melakukan perencanaan dari awal hingga akhir. Dalam perencanaan, pemborong bangunan mengajukan proyek kepada pemilik rumah atau proyek pemerintah. Proyek yang diajukan biasanya berisi informasi detail tentang jenis konstruksi yang dibutuhkan, anggaran, dan jangka waktu pengerjaan.

  1. Mempersiapkan Tenaga Kerja Dalam Menjalankan Proyek

Pemborong bangunan mempersiapkan orang dan tenaga kerja untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi. Tenaga kerja yang dilibatkan oleh pemborong bangunan biasanya sudah berpengalaman, terlatih dan memiliki kompetensi dalam bidangnya masing-masing, seperti tukang kayu, tukang batu, serta tukang listrik dan tukang pipa.

  1. Menjelaskan Secara Rinci Dan Transparan

Hal ini meliputi harga, kesulitan, jangka waktu, dan semua detail pekerjaan yang diperlukan. Pemborong bangunan harus bisa menjelaskan dengan detail kepada klien mengenai harga, kesulitan, dan semua detail pekerjaan yang diperlukan sesuai dengan perencanaan yang disetujui. Klien bisa mengetahui dan mempersiapkan anggaran sejak awal sehingga tidak terjadi perbedaan pemahaman di kemudian hari.

  1. Melakukan Supervisi Dan Mengawasi

Hal ini mencakup seluruh aspek pekerjaan dari awal hingga selesai Pemborong bangunan yang baik harus memastikan bahwa proyek konstruksi yang dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah disepakati oleh klien. Pemborong bangunan bertanggung jawab untuk memastikan setiap pekerjaan berjalan lancar dan berkualitas sesuai standar serta dapat menghadapi kendala yang muncul selama pengerjaan.

  1. Menjaga Dan Memelihara Hubungan

Menjaga dan memlihara hubungan Bersama klien dan menghargai masukan mereka selama proyek sedang berlangsung Klien berhak memberikan masukan atau kritik terhadap kegiatan yang dilaksanakan pemborong bangunan. Pemborong bangunan hendaknya dapat menghargai dan mempertimbangkan masukan dari klien untuk kesuksesan dari proyek yang sedang berjalan.

 

Jasa pemborong bangunan menggunakan sistem borongan dalam menghitung biaya pekerjaannya. Sehingga pemborong harus memilki sikap transparant. Selain itu, pemborong juga harus mempunyai legalitas yang jelas. Bagi Bapak/ibu yang sedang mencari pemborong bangunan di Pekanbaru. Bapak/ibu dapat menghubungi kontak kami Bahtera puan property . Jasa kami merupakan jasa yang sudah berlegalitas dan telah memiliki banyak listing di kota Pekanbaru. Untuk itu, segera hubungi kontak kami untuk pelayanan lainnya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *